Sejarah

Kabupaten Kuantan Singingi pada awalnya merupakan bagian dari Kabupaten Indragiri Hulu, namun setelah dikeluarkannya Undang-undang Nomor 53 tahun 1999, Kabupaten Indragiri Hulu dimekarkan menjadi 2 ( dua ) kabupaten yaitu Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Kuantan Singingi dengan Ibu Kotanya berkedudukan di Teluk Kuantan.


Pada saat Kabupaten Kuantan Singingi menjadi sebuah Kabupaten defenitif yang terdiri dari 6 ( enam ) kecamatan dengan 151 pemerintahan Desa/Kelurahan, sebagai berikut :

  1. Kecamatan Kuantan Tengah.
  2. Kecamatan Singingi.
  3. Kecamatan Kuantan Mudik.
  4. Kecamatan Kuantan Hilir.
  5. Kecamatan Cerenti.
  6. Kecamatan Benai.


Sebagai pejabat Bupati Kabupaten Kuantan Singingi terhitung sejak tanggal 8 Oktober 1999 sampai dengan 8 Oktober 2000 adalah Drs. H.Rusdji S Abrus. Pada bulan Oktober 2000 diadakan pemilihan Bupati Kuantan Singingi yang pertama dipilih oleh anggota legislatif, sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih adalah pasangan Drs. H.Rusdji S Abrus dengan Drs. H. Asrul Ja’afar periode 2001- 2006. Ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.24.133 Tahun 2001 dan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 132.24-134, diangkat dan ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kuantan Singingi. Selang waktu 2 ( dua ) bulan Bupati Kuantan Singingi terpilih meninggal dunia, jabatan Bupati digantikan langsung oleh Wakil Bupati, ditetapkan menjadi Bupati Kuantan Singingi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 131.24-316 tanggal, 20 Agustus 2001. Kabupaten Kuantan Singingi pada awalnya membawahi 6 ( enam ) kecamatan dimekarkan menjadi 12 ( dua belas ) kecamatan, kecamatan yang baru dimekarkan tersebut adalah :

  1. Kecamatan Hulu Kuantan.
  2. Kecamatan Gunung Toar.
  3. Kecamatan Singingi Hilir.
  4. Kecamatan Pangean.
  5. Kecamatan Logas Tanah Darat.
  6. Kecamatan Inuman.


Hingga sekarang pejabat Bupati Kuantan Singingi sudah mengalami beberapa kali pergantian yaitu :

  1. Drs. H. Rusdji S Abrus Periode Tahun 2000 – 2001
  2. Drs. H. Asrul Ja’afar Periode 2001 – 2006
  3. H. Sukarmis Periode Tahun 2006 – 2011
  4. H. Sukarmis Periode Tahun 2011 s/d sekarang


Seiring dengan berhembusnya ”angin reformasi” memberikan perubahan yang drastis terhadap negeri ini, tidak terkecuali di Kabupaten Kuantan Singingi sendiri. Salah satu wujudnya adalah dengan berlakunya pelaksanaan otonomi daerah yang mulai dilaksanakan pada tanggal 1 Januari 2001.

36 Komentar
  1. qie:

    memang ancak nagoghi awak go, banyak budaya o… jago la elok2 … obere…. hahahaha den ughang kp. baru…. ahahaahah

  2. qie:

    memang ancak nagoghi awak go, banyak budaya o… jago la elok2 … obere…. hahahaha den ughang kp. baru…. ahahaahah.. lupo… kp. bRU CONTI….. HEhehehe

  3. Sep:

    Untuk sejarah kabupaten Kuantan Singingi perlu ditambahkan kapan waktu berdirinya.. Terus penggagasnya sapa aja.. Gimana ?

  4. tia:

    selamat ulang tahun ya kuansingku yang ke-10,,,semoga kuansing jadi kabupaten is the best lah.oh ya,,beri dong informasi secara lengkap tentang sejarah kuansing ini agar para generasi muda tahu akan hal itu.thanks

  5. orgnda sungai alah:

    tolong sejarahnyo di tambah tulisanyo,,dan happy brithday my kuansing,,be your the best.. semoga pak H sukarmis bisa membawa Kuansing ke masyarakat yang lebih maju, maju dalam artian maju di akademis para siswa siswi dan bisa menjadikan masyarakat-masyarakat daerah tersebut rukun dan damai serta menjadi kabupaten yang bergengsi khususnya di Riau ataupun kepulauan riau,,ya salah satunya adalah meningkatkan kualitas belajar dan mengajar para siswa maupun para guru.

  6. R.NOFRINALDI:

    I LOVE U KUANTAN

  7. Reywindra,S.Sos:

    Kuantan Singingi akan maju kalau masyarakat dan pemerintah membenahi sektor pertanian yang sangat tidak bermanfaat,,,hanya niat baik dari bupatilah yang dapat merubahnya,,,lahan kosong kuansing banyak sekali terbengkalai dan dibiarkan…marilah kita memikirkan kembali pertanian kita,,,ingat sejarah kuansing adalah lumbung intelektual masa lalu.
    Reywindra,S.Sos,MMA
    Kelahiran Cerenti
    Pasca UPN Jogja

  8. firamli caniago:

    mantap,,kita hrus bngun trus kuantan singingi,,,,

  9. yuni:

    pak jgan hanya kecamtannya dunk yang di liput tapi desa-desa juga biar semua orang bisa tau seluk beluk kuansing….

  10. yuli:

    boleh minta info sejarah desa Lubuk Ramo di kecamatan kuantan mudik.

  11. ardiles:

    sejarah itu sangat perlu, alangkah lebih baiknya sejarah itu dipaparkan kedalam sebuah buku, dari segi kebudayaan hingga perjalanan kehisupannya. dan juga perlu dianalisa kembali tipologi bangunan tradisional negri kita yang tercinta ini dan tidak kala pentingnya juga identifikasi ornamen/ukiran juga simbol-simbol nya.

  12. Roby Inuman:

    السلام عليكم KUANSING . . .
    Luar Biasa Perkembangan Kuansing skrg.
    saya sangat bangga menjadi warga Kuansing
    tp klo bisa tolong tampilkan juga sejarh Melayu Kuantan singingi. Trm’s

  13. renika:

    JADI tadogak nak baliak kampung haaa…………………….
    kuansing …..I LOVE FULL……!!!!!!

  14. Fahrul Ughang paboun:

    maju torui kuansing, topi pembangunan harus maghato,kami nan di mudiak ko olun tasontuah bonagh dek pembangunan du lai..

  15. mayandri suzarman, SH:

    ambo ughang lubuak jambi…kini kuansing batambah maju, saran ambo pembangunan jan hanyo tapusat di ibu kota kabupaten sajo, perhatikan juo daerah-daerah lain. beko jan kacewa masyarakat, bisa bahayo

  16. rudy:

    saya ingin di buat di sini..
    sejarah bagai mana ada kuansing ini dan dari mana asal usulnya.
    satu lagi,saya ingin juga di buatkan sejarah asal usul pacu jalur dan dari mana asal pertamanya..:)
    yg lain sd mantap dan maju terus nagori awak ko..

  17. Ujenk luter:

    Luv U Kuansig

  18. Ujenk luter:

    luv u kuansing

  19. adlung:

    Maju torui kuansing,.. pemerintahan bijak nan pandai yang akan mengantarkan kito besamo,..kota toluak ge,.. menjadi kota metropolitan,.. mari kito dukuang besamo-samo program pemerintahan kuansing… muda-mudahan kampuang nan awak citai ge menjadi kota hebat nantinye… terimokasih,..

  20. Masri Gusdianto:

    sebaiknya seluruh profil kecamatan ditampilkan, kalau bisa diperbaharui dalam jangka waktu tertentu, jadi bagi masyarakat yang membutuhkan data dan imformasi tentang kuantan singingi maupun kecamatan dapat mengakses dengan mudah. disini kami lihat untuk profil kec. kuantan mudik dam kuantan hilir tidak ada. I love you kunsing maju basamo

  21. ayu riska putri:

    kok gag da dkenalin ke public keluarganya pak,.
    kan kek saya yg bukan asli kuansing pngen tau n mngenal lbih jauh lagi tntg kuansing,,bptix keluarga dn pemerintahanx serta budayanya yg menarik buat d simak…
    buat donk profil tntg keluargax pak..

  22. Budiman SH:

    Maju terus kuansing…mulai dari pembangunan, menejemenya, aparaturnya, birokrasinya dan lain-lain, yang paling pertama dan utama adalah sumberdaya manusianya. sebagai generasi muda kami siap membangun kuansing lebih maju dengan jiwa dan raga yang tulus.

  23. Jon Kopah:

    Ass…..ko bahaso kopah tok, Ambo ndak kan panjang2 komentara ra da, nampak a kuansing la maju dari 10 thn yang lalu, smoga bisa dipertahankan dan dikombangkan lai untuak ka dopan na….Walaupun jauh dirantau Kuansing Totap dihati, maju torui kabupaten awak ga..

  24. sani:

    saya ingin awal sejarah dan para penggagasnya di tuliskan dalam sejarah berdirinya kuansing ini, karena dengan mendengar semangat mereka kita juga bisa lebih menghargai,dan mencintai negri kita..

  25. sani:

    kuansing harus lebih maju dari kabupaten lainnya….
    I LOVE YOU Kuantan Singingi

  26. Bapak bubati yg trhrmt…
    kmi putra daerah kab.kuansing ingn mnyakn mslh pT.Duta palma yg berbatas dgn desa kopah,koto rajo basrah,congar dan gunung toar…

    kmi dngr pT.Duta palma tlh mlkukan prpnjangan kontrak utk thn 2010..
    jdi apakh perpnjngn kontrak ini telah atau d setujui oleh PEMDA kab.kuansing….???

  27. salam…kepada semua dunsanak dari kuansing….tolong dimasukan sekali sejarah silat Pangian & PendekarBertuah…kami dimalaysia sedang meluaskan silat ini bagi anak2 muda malaysia…saya berharap dari tanah seberang Kuantan dan dunsanak2 sekalian harap maklum….silat PendekarBertuah dari dahulu lagi sudah termasyur dimalaysia…Jagoh silat dunia 5tahun berturut2 pun berguru kepada silat ini….kami di malaysia Keturunan dari tanah kuantan meminta kerjasama dunsanak2 sekalian bagi menjaga Tradisi kuantan yang paling berharga ini…Silat inilah suatu ketika dahulu menaikkan nama Kuantan Singingi…Tuah nyo totap kapado Keturunan…Pendekar nyo Jatuah Kapado yang pandai…Namo siapo pun buliah ambiak…..Kami dari malaysia Asli keturunan dari Kuantan Singingi akan tetap berusaha menjaga Tradisi or nama silat ini begitu juga hendak nya kepada dunsanak2 sekalain…..Bilo lah namo diambiak urang tidak ado guno nak baputiah mato……Samo2 lah kito jago..HARAP MAKLUM

  28. satria:

    luv KUANSING dah……
    moga tetap jaya,, n smkain OK…………

  29. ikhsan rinaldi:

    yo elok ma dak po..
    la boniang bonar toluak ge kini mpak dek ambo..

  30. mank la taek maju kampuang war ma rak,,
    ola taek joniah,, bangga ambo re,,,

  31. Maju terus kuantan singingi,,,,,,,,,,,

  32. Sumiadi:

    Semoga Kab. Kuantan Singingi cepat menjadi daerah yang maju dan dibawah pimpinan Bupati H. Sukarmis semoga masyarakatnya makmur dan sejahtera.

  33. ron:

    Semoga kab.kuantan singingi maju terus dan dapat bersaing terus dengan kab lain di indonesia tentunya dengan persaingan yang positif yang dapat meningkatkan SDM dan Iptek.
    tapi di sini sejarah kuansing masih minim…. akan libih baik di lengkapkan.. karna ini akan menambah ilmu pengetahuan khususnya pemuda/di kuansing,,,,,

  34. masri gusdianto:

    kab. kuantan singingi semakin hari semkin menunjukkn jati dirinya, dan terus berusaha mensejajarkan diri dengan kabupaten lain yang ada di propinsi riau.
    dengan melakukan promosi yang gencar ke publik, akan kekayaan dan potensi yang di miliki kuansing, salah satunya dengan menampilkan profil kecamatan yang ada di kuansing. namun selama ini yang paling saya idamkan tak kuncung muncul, yaitunya profil tentang kec. kuantan mudik, sedangkan profil kecamatan yang baru saja di bentuk sudah ada. untuk itu saya mohon untuk dimuatnya dan ditampilkan profil kec. kuantan mudik, sehingga orang luar tidak bingung, yang mana kab. kuansing memiliki 15 kecamatan, namun yang tertera di profil kecamatan hanya 14 kecamatan.

  35. pudil kopah:

    Assalamualaikum wr wb
    To bapak Drs Sukarmis and his vice regent kab kuantan singingi, I want to said something to both of you as a leader this kab kuansing who work hard to build this kabupaten become beutiful and onward, we are here very appreciate that. I just wanna say I’m so proud and glad to be youth kuansing cause our kabupaten become progressive and growth. I hope every year our economic income become bigger and bigger and distribution allocation budget go trough the right place. I have some suggestion to bapak Drs Sukarmis, the suggestion is I think all the programs and budget government you should put to the this website (government website) this is because of to give information to all the people who want to know your programs,budgets, profit how much government got every year, more transparency and efficient. The suggestion I request to you because I did not see at this pages about your programs and government budget. We need to know all the programs and data from kab kuantan singingi to give us references. Thank you.

  36. pudil kopah:

    Dari pengamatan yang telah saya lakukakan dari tahun ke tahun dalam jangka waktu kurang lebih dari 10 tahun kebelakangan ini kab kuansing telah terjadi perubahan yang signifikan. Perubahan yang banyak terjadi di kabupaten kuansing tercinta ini dari segi pembangunan Infastruktur dan pembangunan Daerah. Pengamatan yang saya lakukakan di kuansing selama lebih kurang 10 tahun ini iaitu dari segi struktur pembangunan, infrasturktur jalan, air bersih, dan pertumbuhan ekonomi di kab kuansing ini. Infrastruktur jalan dan air bersih ada peningkatan dan perubahan dimana jalan-jalan dari pekanbaru menuju kab taluk kuantan banyak terjadi perubahan seperti pelebaran dan perbaikan kualitas jalannya, begitu juga dengan kebutuhan air bersih di kab kuansing ini. walaupun kebutuhan air bersih perubahannya tidak terlalu besar akan tetapi sudah mulai ada perancangan kedepannya. kami putra dan putri asli negeri ini sangat menghargai kerja keras dan ketekunan bapak-ibu dalam memajukan dan perubahan kab kuansing ini, akan tetapi ada beberapa masalah yang kurang berkenan di hati saya dalam proses pembangunan di kab kuansing ini. masalahnya menurut saya sangat simple dan kecil, tetapi dari masalah ini dampak atau kesannya sangat besar. contoh masalah- masalah yang kurang berkenan di hati saya iaitu seperti pembangunan kawasan olahraga dan pembangunan kantor pemerintahan di sungai joring, kualitas pembangunannya bisa dibanggakan dari segi struktur dan design bangunannya akan tetapi landskapnya tidak begitu diperhatikan dengan baik dan menyebabkan tidak ada keindahannya. Disebabkan oleh landskap di kawasan tadi tidak di perhatikan dengan serius membuat wajah dan nilai bangunan kelihatan cacat dan tidak berseri. Coba bapak-bapak, ibu-ibu perhatikan, gedung stadion dan kantor pemerintahan terlihat megah akan tetapi landskapnya hanya berwajahkan tanah merah. saya mohon kepada perangkat daerah dan pihak terkait menitik beratkan pada landskap di sekitar gedung-gedung mewah tadi, dengan itu saya yakin tempat-tempat ini mempunyai lebih nilai tambah dan menjadi kebanggaan buat negeri ini. Kedepannya saya berharap kepada pihak terkait untuk lebih memerhatikan masalah-masalah yang simple ini agar negeri ini lebih dipandang, disanjung, dan menjadi tempat wisata yang dikenal oleh orang banyak. semoga ada perbaikan dan perubahan kedepannya untuk kabupaten kuantan singingi tercinta ini dan menjadi kebanggan bagi anak negeri. i hope to all stakeholders in this kabupaten to take place and gives more participant to our kabupaten to be growth, develop, and prosperity.amin

Tulis Komentar